Header Ads

IBX5AB36C936FA60

Gaya Parenting Supaya Anak-Anak Senang Mengerjakan PR


Bunda pasti pernah mengalami, anak-anak yang susah disuruh mengerjakan PRnya sendiri. Anak-anak mengeluh malas untuk mengerjakan PR. Mereka memilih untuk bermain atau menonton TV. Mengajarkan anak untuk rajin belajar atau mengerjakan PR memang sulit. Apalagi jadwal di sekolah sudah sangat padat. sesampainya di rumah mereka akan malas untuk membuka buku pelajaran lagi. Sekarang bunda tidak perlu khawatir, cobalah ikuti gaya parenting berikut ini supaya anak-anak senang mengerjakan Prnya.


Buat Ruang Belajar Yang Menyenangkan

Buatlah ruang belajar yang menyenangkan, supaya suasananya semakin mendukung. Seperti bunda yang suka bekerja dengan suasana yang menyenangkan. Bunda bisa membuat ruang belajar di kamar tidurnya atau buat ruangan sendiri. Buat suasana yang kreatif, gunakan wana-warna yang cerah dan mewakili kesukaan anak anda. Jangan buat ruang belajar yang monoton. Letakan ruangan yang jauh dari keramaian, supaya anak-anak tetap fokus untuk mengerjakan PR.

Tambahkan Fasilitas Yang Menunjang Belajar Anak

Tidak hanya membuat ruang belajar yang menyenangkan, tetapi sediakan fasilitas penunjang belajar anak. Berikan fasilitas yang bisa membuat proses mengerjakan PR cepat selesai. Misalnya buku-buku pelajaran pendukung, kamus, printer dan lainnya. Tetapi jangan sediakan fasilitas yang membuatnya bermain. Anda bisa memberikan tempat duduk dan meja belajar yang lucu. Tidak perlu meja belajar yang umum seperti biasanya, anda bisa berkreasi bentuk meja belajar yang unik.

Bantu Anak Mengerjakan PR

Jangan biarkan anak mengerjakan PR sendiri. Untuk melatihnya, anda harus berada di sampingnya. Bantulah anak untuk mengerjakan PR. Banyak orang tua, yang melupakan gaya parenting ini. Jika anak dibiarkan begitu saja, mereka akan semakin malas. Kecuali mereka memang sudah senang mengerjakan PR sendiri. Berikan penghargaan atau pujian, jika dia berhasil mengerjakan PR. Berikan motivasi yang baik, sehingga anak-anak lebih semangat mengerjakan PR.

Buatlah Jadwal 

Dalam sebuah rumah, anda bisa membuat peraturan untuk dipatuhi semua anggota keluarga. Termasuk membuat jadwal belajar. Anda bisa membuat kesepakatan, kapan waktunya mengerjakan PR. Misalnya jam 4-5 sore atau jam 6-8 malam. Pada saat jadwal tersebut, orang tua pun harus membantunya. Jangan suruh anak mengerjakan PR tetapi orang tua menonton TV keras-keras. Bila suasana di rumah mendukung, anak-anak pasti lebih semangat. Orang tua bisa mengerjakan kerjaanya dan anak-anak belajar. Suasana ini akan membuat mereka semakin semangat belajar dan mengerjakan PR sendiri.

Mengajak anak-anak untuk belajar memang susah-susah gampang. Orang tua seharusnya belajar mengenai teknik pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga bisa mendampingi anak belajar. Gunakan sistem pembelajaran yang menyenangkan. Misalnya belajar berhitung, bisa memakai permen atau mainan balok. Sehingga mereka lebih tertarik dibandingkan menggunakan hitungan manual. Itulah sedikit informasi tentang gaya parenting mengajarkan anak belajar.

Tidak ada komentar